PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMASI
Disusun oleh:
Taofik Krisdiyanto
18330059
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JANABADRA
YOGYAKARTA
2018
BAB I
PENDAHULUAN
1 1. Latar Belakang
Komputer berasal dari bahasa latin "computare",
yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai
perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi
perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari
komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Alat
ini digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan,
pengurangan, perkalian pembagian dan akar kuadrat. Muncul sekitar 5.000 tahun
yang lalu di Cina dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini.
Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan).
Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunaka biji - bijian geser yang
diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan Abacus untuk
menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, Abacus
kehilangan popularitasnya. Abacus atau Sempoa.
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau
Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft.
Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix,
versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya
DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows
(1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007
diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan
Word.
1 2. Tujuan Praktikum
Adapun tujuan dari praktikum ini adalah sebagai berikut:
- Menginformasikan tentang Microsoft office word
- Menginformasikan bagaimana cara membuat mail merge
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Persiapan Praktikum
2.1.1 Perangkat Keras
Laptop Lenovo G-400 Windows 10 64-Bit
Mouse Logitect B100
2.1.2 Perangkat Lunak
Microsoft Office Word 2013
2.2 Dasar Teori
Microsoft Word adalah
aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang
dikembangkan oleh Microsoft ini terdapat dalam satu paket Microsoft Office yang
berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Office
Publisher, Microsoft Office Access dan lain-lain. Akan tetapi dari sekian
banyak ini paket yang ditawarkan Microsoft word yang paling sering dipakai oleh
kebanyakan orang selain Microsoft Excel dan Power Point. Dalam perkembangannya Microsoft
Word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari Microsoft Word
1998, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010 dan Microsoft
Word 2013. Dengan perkembangan tersebut Microsoft telah menambahkan database
dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar Microsoft Word lebih mudah
untuk digunakan. Dengan Microsoft Word dapat memudahkan kerja manusia dalam
melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.
BAB III
PELAKSANAAN PRAKTIKUM
Langkah Kerja :
1.
Menjalankan Microsoft Word
a)
Membuat dokumen baru
Untuk membuat dokumen baru dapat dengan langkah yaitu klik tombol Search di Taskbar > Ketik “Word” > Ketika sudah muncul klik aplikasi Word. Selain itu jika kita sedang bekerja atau telah menggunakan Microsoft
Word maka langkah untk membuka lembar kerja yang baru dengan cara tekan
tombol CTRL+N.
![]() |
Gambar 3.0 Tampilan Search Microsoft Word di Windows 10 |
b)
Menyimpan dan menutup lembar kerja
Klik tombol File > pilih Save As > Kemudian Pilih Direktori untuk menyimpan > Klik Word Document > ketik nama file > klik Save. Untuk menutup lembar kerja atau halaman penjualan, klik tombol X pada
sudut kanan atas halaman atau lembar kerja. Jika proses penyimpanan dilakukan
pada saat kita bekerja maka cukup menggunakan tombol CTRL+S.
0 komentar:
Posting Komentar